Monday, December 30, 2013

Ibadah Para Ulama


Ketika kita membaca biografi ulama, kita akan kagum dan mungkin kurang percaya pada amalan ibadah atau ilmu yang mereka capai. Di antaranya yang saya saksikan sendiri yaitu pada diri Syaikh Abdurrohman Muhyiddin.

Berawal 2 bulan yang lalu, ada ikhwan yang mengabari bahwa Syaikh Abdurrohman Muhyiddin punya majelis di masjid nabawi (bukan di kursi). Dars dimulai ba'da adzan Shubuh sampai iqomah, tapi selama musim haji dars diliburkan.

Alhamdulillah pekan kemarin sudah lihat dars beliau sudah mulai yaitu Umdatu Tafsir. Akhirnya saya berusaha mengikuti dars beliau yang dimulai setelah adzan Shubuh, tentunya dimulai ba'da sholat sunnah qobliyah.

Tapi anehnya, setiap mulai menyimak dars, saya merasa selalu ketinggalan beberapa paragraf. Padahal saya datang di awal dars yaitu ba'da adzan Shubuh. Ternyata ada ikhwah yang bilang bahwa dars dimulai sekitar seperempat jam sebelum adzan Shubuh.


Subhanallah, mungkin bagi kita terasa biasa-biasa saja tapi untuk sekarang di Madinah menurut saya sangat luar biasa. Kenapa? Karena sekarang sudah masuk musim dingin. Kalau shubuh dingin banget.

Dan entah kenapa meskipun saya sudah berusaha berangkat sepagi mungkin untuk menghadiri majelis beliau, tetap saja beliau yang lebih dahulu sampai di masjid. Padahal usia beliau sudah 70 tahun tetapi semangat untuk ibadah dan mengajar beliau masih sangat besar.

Syaikh Abdurrohman Muhyiddin adalah mantan dosen di Jami'ah Islamiyah dan sudah pensiun. Adapun untuk kapasitas keilmuan beliau bisa kita bisa lihat dari murid-murid beliau, di antaranya Syaikh Muhammad bin Hadi Al-Madkholy, Syaikh Sulaiman Ar-Ruhaly, Syaikh Aly At-Tuwaijiry, dan Syaikh Abdussalam As-Suhaimy.

Selain itu ketika masih muda, ketika usia beliau belum sampai 40 tahun pernah menggantikan Syaikh Abu Bakr Al-Jazairy mengajar di Masjid Nabawi. Dan kata teman, beliau sekarang termasuk staf pengajar di Ma'had Harom di Masjid Nabawy.

Biografi beliau selengkapnya: http://www.sahab.net/forums/index.php?showtopic=85607

Mudah-mudahan Allah selalu menjaga beliau dan memudahkan jalan kita untuk mengambil faedah dari beliau dan ulama lainnya.

(Febrian Fariyansyah, mahasiswa Univ. Islam Madinah)
Sumber: https://www.facebook.com/WebDanBlogAhlussunnah

No comments:

Post a Comment

Silahkan menyampaikan nasehat, petuah, saran. Syukron

 
;