Saturday, February 4, 2012

Imam an-Nawawi .:. Teladan dalam Ilmu dan Ibadah



IMAM NAWAWI
Teladan dalam Ilmu dan Ibadah

Oleh Abu ‘Aisyah Arif Fathul Ulum hafizhahullaah di buku Barisan Ulama Pembela Sunnah Nabawiyah Cetakan 1.

Nama dan Nasab
Beliau rahimahullaah adalah al-Imam Muyhiddin Abu Zakariya Yahya bin Syaraf bin Murri bin Hasan bin Husain bin Jumu’ah bin Hizam al-Hizamy an-Nawawi asy-Syafi’i.

Kelahiran Beliau
Beliau rahimahullaah dilahirkan pada bulan Muharram tahun 631 H di Nawa daerah Hauran, termasuk wilayah Damaskus Syiria.


Sifat-Sifat Beliau
Beliau rahiimahullaah adalah teladan dalam kezuhudan, waro’, dan memerintah kepada yang ma’ruf dan melarang kepada yang mungkar.

Pertumbuhan Beliau
Ayahanda beliau rahimahullaah mendidik, mengajar, serta  menumbuhkan kecintaan ilmu sejak usia dini. Beliau rahimahullaah mengkhatamkan Al-Qur-an sebelum baligh. Ketika Nawa –tempat kelahiran beliau- tidak mencukupi kebutuhannya dalam menuntut ilmu, maka ayahandanya membawanya ke Damaskus untuk menuntut ilmu, waktu itu beliau berusia 19 tahun.

Dalam waktu empat setengah bulan beliau telah hafal kutab at-Tanbih oleh Syairazi, dan dalam awktu kurang dari setahun beliau hafal ar-Rubu’ Ibadat dari kitab al-Muhadzdzab.

Setiap hari beliau rahimahullaah membaca dan menela’ah 12 pelajaran, yaitu dua pelajaran dalam al-Wasith, satu pelajaran dalam al-Muhadzdzab, dan satu pelajaran dalam Jami’u bainash Shahihain, satu pelajaran dalam Shahih Muslim, satu pelajaran dalam Luma’, oleh Ibnu Jinny, satu pelajaran dalam Ishlahul Manthiq, satu pelajaran dalam Ushul Fiqh, satu pelajaran dalam Asma’ Rijjal, dan satu pelajaran dalam Ushuluddin.

Guru-Guru Beliau
Di antara guru-guru beliau rahimahullaah dalam bidang Fiqih dan Ushulnya adalah Ishaq bin Ahmad bin ‘Utsman al-Maghriby, ‘Abdurrahman bin Nuh bin Muhammad al-Maqdisy, Sallar bin Hasan al-Irbily, ‘Umar bin Bindar at-Taflisy, dan ‘Abdurrahman bin Ibrahim al-Farazy.

Adapun guru-guru beliau rahumahullaah dalam bidang ilmu Hadits adalah ‘Abdurrahman bin Salim al-Anbary, ‘Abdul ‘Aziz bin Muhammad al-Anshary, Khalid bin Yususf an-Nabilisy, Ibrahim bin ‘Isa al-Murady, Isma’il bin Ishaq at-Tanurky, dan ‘abdurrahman bin Abi ‘Umar al-Maqdisy.

Adapun guru-guru beliau rahimahullaah dalam bidang Nahwu dan Lughah adalah Ahmad bin Salim al-Mishry dan ‘Izzuddin al-Maliky/

Murid-Murid Beliau
Di antara murid-murid beliau adalah Sulaiman bin Hilal al-Ja’fary, Ahmad bin Farah al-Isybily, Muhammad bin Ibrahim bin Jama’ah, ‘Ali bin Ibrahim Ibnul Aththar, Syamsuddin bin Naqibm Syamsuddin bin Ja’ean, dan yang lainnya.

Pujian Para Ulama kepada Beliau
Ibnul Aththar rahimahullaah berkata, “Guru kami an-Nawawi, di samping selalu bermujahadah, waro’, muraqabah, dan mensucikan jiwanya, beliau adalah seorang hafizh terhadap hadits, bidang-bidangnya, rijalnya, dan ma’rifat shahih dan dha’ifnya, beliau juga seorang imam dalam masalah fiqih.”

Quthbuddin al-Yuniny berkata, “Beliau adalah teladan di zamannya dalam ilmu, waro’, ibadah, dan zuhud.”

Syamsuddin bin Fakhruddin al-Hanbaly berkata, “Beliau adalah seorang imam yang menonjol, hafizh yang mutqin, sangat waro’ dan zuhud.”

‘Aqidah Beliau
Al-Imam an-Nawawi rahimahullaah terpengaruh dengan pemikiran Asy’ariyyah sebagaimana nampak dalam Syarah Shahiih Muslim dalam mentakwil hadits-hadits tentang Sifat-Sifat Allah.

Hal ini memiliki sebab-sebab yang banyak di antaranya:
1# Terpengaruh dengan para pensyarah Shahih Muslim yang sebelumnya seperti Qadhi ‘Iyadh, Maziry, dan yang lainnya, karena beliau banyak menukil dari mereka ketika mensyarah Shahiih Muslim.
## Beliau belum sempat secara penuh mengoreksi dan mentahqiq tulisan-tulisannya, tetapi beliau tidak mengikuti semua pemikiran Asy’ariyyah bahkan menyelisihi mereka dalam banyak permasalahan. 
# Beliau tidak banyak mendalami Asma’ wa Shifat, sehingga banyak terpengaruh dengan pesatnya pemikiran Asy’ariyyah yang berkembang pesat di zamannya.

Di Antara Keadaan-Keadaan Beliau
Ibnul Aththar rahimahullaah berkata, “Guru kami an-Nawawi menceritakan kepadaku bahwa beliau tidak pernah sama sekali menyia-nyiakan waktu, tidak di waktu malam atau di waktu siang bahkan di jalan pun beliau terus dalam menela’ah dan menghafal.”

Rasyid bin Mu’allim berkata, “Syaikh Muhyiddin an-Nawawi sangat jarang masuk kamar kecil, sangat sedikit dalam makan dan minumnya, sangat takut mendapat penyakit yang menghalangi kesibukkannya, sangat menghindari buah-buahan dan mentimun karena takut membasahkan jasadnya dan membawa tidur, beliau sehari semalam makan sekali dan minum seteguk air di waktu sahur.

Tulisan-Tulisan Beliau
Di antara tulisan-tulisan beliau rahimahullaah dalam bidang ilmu Hadits adalah Syarah Shahiih Muslim, al-Adzkar, Arba’in, Syarah Shahiih al-Bukhary, Syarah Sunan Abi Dawud, dan Riyadhush Shalihiin.

Di antara tulisan-tulisan beliau dalam bidang Fiqih adalah Raudhtu Thalibin, al-‘Umdah fi Tash-hihi Tanbih, dan Majmu’ Syarah Muhadzdzab.

Di antara tulisan-tulisan beliu dalam bidang ilmu Al-Qur-an adalah at-Tibyan fi Adaabi Hamalatil Qur-an.

Wafat Beliau
Al-Imam an-Nawawi rahimahullaah wafat di Nawa pada 24 Rajab tahun 676 H dalam usia 45 tahun dan dikuburkan di Nawa. Semoga Allah meridhai dan menempatkan beliau dalam keluasan Jannah-Nya.

Rujukan
1.       Tadzkiratul Huffazh, oleh Imam adz-Dzahaby (IV/1470-1473).
2.       Bidayah wan Nihayah, oleh Ibnu Katsir (XIII/ 230-231).


Selesai diketik ulang ....
Sabtu, 19 Shafar 1433 H
Abu Hanifah as-Sukawharjiy

No comments:

Post a Comment

Silahkan menyampaikan nasehat, petuah, saran. Syukron

 
;