Saturday, February 4, 2012

Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin rahimahullah .:. Cahaya Sunnah dari Unaizah


SYAIKH MUHAMMAD BIN SHALIH AL-‘UTSAIMIN
Cahaya Sunnah dari Unaizah

Oleh Abu ‘Aisyah Arif Fathul Ulum ::: fii kitaabihii “Barisan Ulama Pembela Sunnah Nabawiyah” Ed 1

Nama dan Nasab Beliau
Beliau rahimahullaah adalah Syaikh al-‘Allamah Abu ‘Abdillah Muhammad bin Shalih bin Muhammad bin Sulaiman bin ‘Abdurrahman al-‘Utsaimin al-Wuhaiby at-Tamimy.
Kelahiran Beliau

Beliau rahimahullaah dilahirkan pada malam 27 Ramadhan 1347 H di Unaizah, salah satu kawasan Qashim, Saudi Arabia, dalam lingkungan keluarga yang penuh dengan pancaran ilmu.

Pertumbuhan Ilmiah dan Guru-Guru Beliau
Beliau rahimahullaah mempelajari al-Qur-anul Karim di bawah asuhan kakeknya dari pihak ibu, yaitu Syaikh ‘Abdurrahman bin Sulaiman Alu Damigh, kemudian mempelajari baca tulis dan hisab dan masuk ke sebuah madrasah. Beliau hafal al-Qur-anul Karim dalam usia dini, sebagainmana beliau juga telah hafal beberapa matan (isi/teks) kitab hadits dan fiqh ringkas.

Beliau belajar beberapa matan ilmu Tauhid, ilmu Fiqh, dan ilmu Nahwu kepada Syaikh Muhammad bin ‘Abdil ‘Aziz al-Muwathawwa’, kemudian beliau duduk di majelis Syaikh ‘Abdurrahman bin Nashir as-Sa’di rahimahullaah dan menimba ilmu dari Syaikh as-Sa’di dalam bidang ilmu Tafsir, ilmu Hadits, ilmu Tauhid, Fiqih, Ushul Fiqih, ilmu Faraidh, dan Nahwu.

Beliau belajar ilmu Fara-idh kepada Syaikh ‘Abdurrahman bin ‘Ali bin Audan rahimahullaah pada saat Syaikh ‘Abdurrahman menjadi Qadhi (Hakim) kota Unaizah.

Ketika Syaikh ‘Abdurrazaq ‘Afifi berada di Unaizah, beliau belajar Nahwu dan balaghah kepadanya.

Pada tahun 1372 H, beliau rahimahullaah masuk ke Ma’had ‘Ilmi di Riyadh dan belajar kepada para Masyayikh seperti Syaikh Muhammad al-Amin asy-Syinqithy, Syaikh ‘Abdul ’Aziz bin Nashir bin Rusyaid, dan Syaikh ‘Abdurrahman al-Afriqy.

Beliau rahimahullaah juga belajar kitab hadits Shahih al-Bukhari, beberapa risalah Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah, dan Perbandingan Madzhab kepada Syaikh ‘Abdul ‘Aziz bin ‘Abdillah bin Baaz rahimahullaah.

Setelah menyelesaikan studinya di Ma’had ‘Ilmi, beliau melanjutkan ke Universitas Imam Muhammad bin Su’ud di Riyadh hingga mendapatkan ijazah Jami’iyyah.

Sifat-Sifat Beliau
Beliau rahimahullaah dikenal lembeut, sabar, bersungguh-sungguh dalam menuntut ilmu dan mengajarkannya, selalu mengatur dan menjaga waktunya dalam setiap detiknya dari umurnya.

Beliau rahimahullaah jauh dari takalluf (memberat-beratkan diri), penuh dengan sifat tawadhu’ dan akhlaq yang mulia. Ketika menghadapi manusia, beliau selalu menampakan wajah yang ramah dan berseri-seri.

Beliau rahimahullaah dikenal dengan kezuhudannya dalam segala segi kehidupan. Ketika beliau ditunjuk oleh Mufti Saudi ‘Arabia sebagai Kepala Mahkamah Tinggi di Ahsa’ beliau menolaknya.

Beliau dekat dengan pemuda, mau mendengarkan keluhan mereka, berdiskusi dengan mereka, dan memberikan arahan kepada mereka dengan lembut.

Beliau dikenal sangat gigih dalam mengamalkan as-Sunnah di dalam segala urusannya.

Beliau dikenal wara’ dan berhati-hati dalam berfatwa. Jika ada hal yang musykil (rumit) beliau menangguhkannya seraya mengatakan, “Tunggulah hingga aku menela’ah masalah ini!”

Beliau rahimahullaah selalu berusaha mendengarkan pengaduan dan permintaan manusia kemudian membantu mereka sekuat tenaga.

Murid-Murid Beliau
Di antara murid-murid beliau adalah Syaikh ‘Abdurrahman bin Shalih ad-Dahsy, Syaikh Muhammad bin ‘Abdirrahman al-Isma’ily, Syaikh Muhammad bin Shalih as-Salman, Syaikh Muhammad bin Shalih al-Barrak, Syaikh Sami bin Muhammad ash-Shuqair, Syaikh Khalid bin ‘Abdillah al-Mushlih, dan masih banyak lagi selain mereka.

Metode Ilmiah Beliau
Beliau rahimahullaah telah diberi tangguh anugrah oleh Allah dengan ilmu yang luas tentang syari’at. Beliau dikenal sangat gigih dalam mendahulukan dalil yang shahih, sebagaimana beliau dengan sungguh berupaya untuk selalu menempuh jalan yang ditempuh oleh Salafush Shalih dalam ilmu dan amal, dalam ‘aqidah, dakwah, akhlaq, dan mu’amalah.

Maka metode yang beliau tempuh adalah contoh hidup dari Manhaj Salafush Shalih.

Beliau diberikan keistimewaan oleh Allah dalam menghadirkan ayat-ayat dan hadits-hadits untuk menguatkan argumennya, demikian juga beliau dikenal dengan ketelitiannya dan kejeliaannya dalam istinbath (penyimpulan) hukum-hukum dan fawaa-id (manfaat suatu masalah)

Beliau memiliki metode yang istimewa di dalam mengajar, yaitu dengan melontarkan pertanyaan-pertanyaan dan berdiskusi dengan para muridnya sehingga pelajaran yang disampaikan begitu kuat meresap ke dalam benak para hadirin dalam majelis beliau.

Tugas-Tugas dan Pengabdian Beliau kepada Kaum Muslimin
Beliau rahimahullaah mulai mengajar pada tahun 1370 H di Masjid Jami’ al-Kabir Unaizah semasa hidup gurunya, Syaikh as-Sa’di. Setelah lulus dari Ma’had Ilmi Riyadh, beliau ditunjuk sebagai pengajar di Ma’jad Ilmi Unaizah pada tahun 1374 H. Pada tahun 1376 H, Syaikh ‘Abdurrahman bin Nashir as-Sa’di wafat, maka Syaikh al-‘Utsaimin menggantikan tugas Syaikh as-Sa’di sebagai imam dan khathib di Masjid Jami’ al-Kabir Unaizah serta mengajar di Maktabah Unaizah al-Wathaniyyah yang didirikan oleh Syaikh as-Sa’di rahimahullaah pada tahun 1359 H.

Ketika begitu banyaknya para penuntut ilmu yang belajar kepada beliau, maka Maktabah Unaizah al-Wathaniyyah tidak lagi bisa menampung jumlah mereka yang begitu banyak sehingga beliau memindahkan majelis ke Masjid Jami’ al-Kabir Unaizah.

Berbondong-bondonglah para penuntut ilmu dari dalam dan luar negeri yang jumlahnya mencapai ratusan orang untuk menghadiri majelis ilmu beliau. Tidak henti-hentinya beliau menjadi imam, khathib, dan pengajar di Masjid Jami’ al-Kabir hingga beliau wafat.

Beliau melaksanakan tugas mengajarnya di Ma’had ‘Ilmi Unaizah hingga tahun 1398 H, setelah itu beliau masuk ke dalam departemen Kurikulum Universitas Muhammad bin Su’ud dan menulis beberapa diktat mata kuliah.

Kemudian beliau pun diangkat menjadi Guru Besar di Fakultas Syari’ah dan Ushuluddin di Universitas Muhammad bin Su’ud cabang Qashim dari tahun ajaran 1398 H hingga beliau wafat.

Beliau rahimahullaah mengajar di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi pada musim haji, bulan Ramadhan, dan liburan musim panas.

Beliau pun memimpin Lembaga Tahfizhil Qur-an di Unaizah sejak didirikan pada tahun 1405 H hingga beliau wafat.

Beliau juga menjadi anggota Majelis ‘Ilmu di Universitas Imam Muhammad bin Su’ud pada tahun 1398 H hingga tahun 1400 H.

Beliau pernah menjabat Kepala Bagian ‘Aqidah di Fakultas Syar’iah dan Ushuluddin di Universitas Imam Muhammad bin Su’ud cabang Qashim, juga menjadi anggota Hai-ah Kibarul Ulama Saudi ‘Arabia dari tahun 140 7 H hingga beliau wafat.

Namun, di sela-sela begitu banyaknya tugas yang beliau emban, beliau selalu berusaha memberikan manfaat kepada kaum muslimin dengan taklim, fatwa, dan memenuhi keperluan-keperluan mereka siang dan malam, di waktu mukim dan safar, dan di saat beliau sehat dan sakit.

Beliau selalu menghadiri pertemuan-pertemuan ilmiyah dan sosial kemasyarakatan baik dengan lembaga-lembaga resmi maupun dengan masyarakat umum.

Pada tahun 1414 H, beliau rahimahullaah diberi Penghargaan Internasional King Faishal dalam bidang Pengabdian Islam.

Beliau rahimahullaah menghabiskan umur beliau dalam taklim, fatwa, penelitian, dan tahqiq. Beliau tidak pernah membiarkan dirinya dalam kesantaian, sampai-sampai ketika beliau berjalan pulang dan pergi ke masjid dengan jalan kaki orang-orang selalu mengikuti beliau dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan yang dijawab oleh beliau dan direkam oleh mereka.

Tulisan-Tulisan Beliau
Di antara karya-karya tulis beliau adalah:
1.       Dalam bidang ‘Aqidah, yaitu Syarah ‘Aqidah Wasithiyyah, Taqrib Tadmuriyah, al-Qaulul Mufid, Qawaa’idul Mutsla, dan ‘Aqidah Ahlis Sunnah wal Jama’ah.
2.       Bidang ilmu Fiqih, yaitu Syarah al-Mumti’ ‘ala Zaadul Mustaqni’, Risalah fi Dima’ Thabi’iyah, Talkhis al-Faraa-idh dan risalah tentang Sujud Sahwi.
3.       Bidang Ushul Fiqih, yaitu al-Ushul min ‘Ilmil Ushul dan Qawaa-idul Fiqhiyyah.
4.       Dalam bidang Lughah, yaitu Syarah Mughni Labib.
5.       Dalam bidang Tafsir, yaitu Tafsiir Juz ‘Amma dan al-Ushul fii Tafsir.

Wafat Beliau
Syaikh Muhammad bin Shalih al-‘Utsaimin wafat di Jeddah menjelang Maghrib hari Rabu 15 Syawwal  tahun 1421 H dan dimakamkan di Makkah.

Semoga Allah meridhai dan menempatkan beliau dalam keluasan Jannah-Nya.

Rujukan
1.       Tarjamah Syaikh Muhammad bin Shalih al-‘Utsaimin, dari www.binothaimeen.com .
2.       Tarjamah Syaikh al-‘Utsaimin, oleh Walid az-Zubairy.

Selesai diketik ulang dari Buku Barisan Ulama Pembela Sunnah Nabawiyah
Sukoharjo, Senin 30 Muharram 1430 H.
Abu Hanifah Farmana Ibriyaan ibnu Mulyatna ibnu Mantho as-Sukawharjiy

No comments:

Post a Comment

Silahkan menyampaikan nasehat, petuah, saran. Syukron

 
;