SYAIKH ABDUL QADIR AL-JAILANY
Pembela Syari’at dan Penghidup Agama
Oleh Abu ‘Aisyah Arif Fathul Ulum hafizhahullaah
::
dalam buku Barisan Ulama Pembela
Sunnah Nabawiyah
Nama dan Nasab
Beliau rahimahullaah adalah
al-Imam Syaikhul Islam Abu Muhammad ‘Abdul Qadir bin Shalih Musa Jinky Dust bin
Abi ‘Abdilllah bin Yahya az-Zahid bin Muhammad bin Dawud bin Musa bin ‘Abdillah
bin Musa al-Jaun bin ‘Abdillah bin Hasan al-Mutsanna bin Hasan bin ‘Ali bin Abi
Thalib al-Jailani.
Kelahiran Beliau
Beliau rahimahullaah dilahirkan
pada tahun 471 H di Jailan, sebuah negeri di belakang Thabaristan.
Sifat-Sifat Beliau
Beliau rahimahullaah adalah
seorang yang dikenal dengan sifat-sifatnya yang agung,
dermawan, tawadhu’,
berwibawa , terkenal dengan kezuhudannya, selalu berbicara kepada manusia
dengan lisan nasehat, dan dikenal selalu mengamalkan apa yang beliau dakwahkan
kepada manusia.
Guru-Guru Beliau
Ketika berusia 18 tahun (tahun 488 H)
Syaikh ‘Abdul Qadir melakukan rihlah untuk menuntut ilmu dari tempat
kelahirannya Jailan ke Baghdad dan mengambil ilmu dari para ulama di sana
sehingga beliau menjadi seorang yang ‘alim di berbagai macam bidang ilmu.
Guru-guru beliau dalam bidang ilmu Hadits
adalah Abu Muhammad Ja’far bin Ahmad al-Baghdadi as-Siraj, Abul Qasim ‘Ali bin
Ahmad bin Muhammad bin Bayyan al-Baghdadi dan Abu ‘Abdillah Yahya bin Hasan bin
Ahmad al-Baghdadi al-Hanbali.
Sedangkan guru-guru beliau dalam bidang
Fiqih dan ushulnya adalah Abul Khaththab Mahfuzh bin Ahmad bin Hasan bin Ahmad
al-Kaludzani al-Baghdadi al-Hanbaly, Abu Sa’id Mubarak bin ‘Ali al-Makhramy
al-Hanbaly, dan Abul Wafa’ ‘Ali bin Aqil bin ‘Abdillah al-Baghdadi al-Hanbaly
al-Mutakallim.
Dan guru beliau dalam bidang Tashawwuf
adalah Hammad bin Muslim ad-Dabbas az-Zahid.
Murid-Murid Beliau
Di antara murid-murid beliau adalah
al-Qadhi Abul Mahasin ‘Umar bin ‘Ali bin Khadhr al-Qurasyi al-Hafizh, Abu
Muhammad ‘Abdul Ghan bin ‘Abdil Wahid al-Maqdisi al-Hafizh, Muwaffaquddin Abu
Muhammad ‘Abdullah bin Ahmad bin Muhammad bin Qudamah al-Maqdisy –penulis kitab
al-Mughni-, kedua anaknya –‘Abdurrazaq bin ‘Abdil Qadir al-Jailani
al-Muhaddits az-Zahid dan ‘Abdul Wahhab bin ‘Abdul Qadir al-Jailani al-Faqih
al-Wa’izh- dan yang lainnya.
Pujian Para Ulama
kepada Beliau
Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah rahimahullaah
berkata, “Syaikh ‘Abdul Qadir al-Jailany tergolong Masyayikh yang
paling gigih di zamannya dalam memerintahkan untuk berpegang teguh dengan
syari’at, perintah dan larangan dan mendahulukan atas perasaan dan qadar,
dan beliau tergolong Masyayikh yang paling gigih dalam memerintahkan
untuk meninggalkan hawa nafsu dan iradah pribadi.” (Majmu’ Fatawaa, X/463)
Ibnu Qudamah rahimahullaah berkata,
“Kami mendatangi Baghdad tahun 561 H ternyata Syaikh ‘Abdul Qadir al-Jailani
termasuk yang jadi penghulu di sana dalam ilmu, amalan, keadaan dan fatwanya.
Beliau mencukupi para penuntut ilmu dari mencari kepada selainnya karena banyak
ilmunya, kesabarannya menghadapi murid-muridnya dan kelapangan dadanya dan
Allah kumpulkan padanya sifat-sifat yang agung dan keadaan-keadaan yang mulia,
dan tidaklah aku melihat, orang yang seperti beliau sepeninggalnya.” (Dzail
Thabaqah al-Hanabilah, oleh Ibnu Rajab I/294)
Adz-Dzahaby rahimahullaah berkata,
“Syaikh al-Imam al-‘Alim az-Zahid al-‘Arid al-Qudwah Syaikhul Islam dan A’lamul
Auliya, Muhyiddin ‘Abdul Qadir al-Jailani.” (Siyar A’lamun Nubala’,
XX/439)
Ibnu Rajab rahimahulllaah berkata,
“Syaikhul ‘Ashr, Qudwatul ‘Arifin, Sulthanul Masyayikh, Sayyid Ahli Thariqah
di zamannya, penghidup agama, pemilik Maqaamat, Karaamat, ilmu-ilmu
ma’rifat, dan keadaan-keadaan yang masyhur.” (Dzail Thabaqah al-Hanabilah,
I/290)
Ibnul Jauzi rahimahullaah berkata,
“Beliau berbicara kepada manusia dengan lisan nasehat, terkenal dengan
kezuhudannya, memiliki sifat-sifat yang agung dan berwibawa. Beliau biasa
mengadakan majelis di tembok Baghdad, bersandar ke Ribath dan banyak manusia
yang bertaubat di majelisnya.” (Dzail Thabaqah al-Hanabilah, I/291)
Di antara Perkataan-Perkataan Beliau
Syaikh ‘Abdul Qadir al-Jailany rahimahullaah
berkata, “Wajib atas kalian ittiba’ dan tidak membuat bid’ah, wajib
atas kalian berpegang teguh kepada madzab Salafush Shalihm, berjalanlah di
jalan yang lurus.” (Fat-hur Rabbany, hal . 35)
Beliau rahimahullaah berkata,
“Wajib memutlakkan sifat istiwa’ dengan Dzat-Nya di atas ‘Arsy, tidak
bermakna duduk dan menyentuh sebagaimana yang dikatakan oleh Mujassimah dan Karramiyah, juga tidak bermakna tinggi dan keagungan
sebagaimana yang dikatakan oleh Asy’ariyyah, dan tidak bermakna mengusai
sebagimana dikatakan oleh Mu’tazilah.” (Al-Ghunyah, hal. 1156)
Beliau
berkata, “Tidak ada keberuntungan sampai engkau mengikuti Al-Kitab dan
as-Sunnah.” (Fat-hur Rabbani, hal. 128)
Beliau
rahimahullaah berkata, “Ittiba’lah kalian,
janganlah membuat bid’ah, tepatkanlah amalan kalian, ta’atlah dan jangan
berbuat maksiat, ikhlash-lah dan jangan berbuat kesyirikan.” (Fat-hur Rabbany, hal. 151)
Beliau
rahimahullaah berkata, “Asas kebaikan adalah ittiba’
kepada Nabi shallallaahu ‘alaihi
wa sallam dalam perkataan dan
perbuatannya.” (Fat-hur Rabbany, hal. 207)
Beliau
rahimahullaah berkata, “Wajib atas seorang mukmin untuk
ittiba’ kepada as-Sunnah dan al-Jama’ah. As-Sunnah adalah apa yang disunnahkan
oleh Rasulullah shallallaahu
‘alaihi wa sallam, dan Jama’ah
adalah apa yang disepakati oleh para Sahabat Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam, dan
hendaknya seorang mukmin tidak memperbanyak jumlah ahli bid’ah dan tidak
mendekati mereka dan tidak mengucap salam kepada mereka.” (Al-Ghunyah, 180)
Beliau
rahimahullaah berkata, “Ketahuilah bahwa ahli bid’ah punya
tanda-tanda yang mereka bisa dikenal dengannya, maka tanda-tanda ahli bid’ah
adalah mencela ahli Atsar, tanda Zanadiqah
adalah mereka menamakan ahli Atsar
dengan Hasyawiyyah, tanda Qadariyyah adalah mereka
menamakan ahli Atsar dengan Mujabbirah, tanda Jahmiyyah adalah mereka menamakan
Ahlus Sunnah dengan Musyabbihah, dan tanda Rafidhah adalah mereka
menamakan ahli Atsar dengan Nashibah. Semua itu ashabiyyah (fanatisme) dan
kebencian mereka kepada Ahlus Sunnah, dan Ahlus Sunnah tidak punya nama kecuali
nama yang satu yaitu As-habul
Hadits. Tidak melekat kepada
mereka julukan-julukan ahli bid’ah, sebagaimana tidak melekat kepada Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam, julukan-julukan orang-orang kafir Makkah
kepadanya, seperti tukang sihir, orang gila, orang terfitnah, dan dukun.
Tidaklah namanya di sisi Allah, para Malaikatnya, manusia dan jin dan semua
makhluk-Nya kecuali Rasul dan Nabi.” (Al-Ghunyah, hal. 1180)
Beliau
rahimahullaah berkata, “Seorang Shufi adalah seorang yang
bersih batin dan zhahirnya dengan mengikuti Kitaabullaah dan Sunnah Rasul-Nya.”
(Fat-hur Rabbany, hal. 207)
Beliau
rahimahullaah berkata, “Pandanglah dirimu dengan pandangan
rahmah dan kasih sayang, jadikanlah al-Kitab dan as-Sunnah di hadapanmu,
lihatlah keduanya dan beramallah dengan keduanya, janganlah terpedaya dengan
omongan-omongan dan bualan –bualan.
Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:
... وَمَا ءَاتَاكُمْ الرَسُولُ
فَخُذُوهُ وَمَا نَهَاكُمْ عَنْهُ فَانتَهُوا .... (الحشر : 7 )
‘Dan apa yang dibawa oleh Rasul ambillah, dan
apa yang dilarang oleh Rasul tinggalkanlah.’ (QS. Al-Hasyr: 7)
Janganlah
kalian menyelisihi Rasul shallallaahu
‘alaihi wa sallam sehingga tidak
beramal dengan apa yang dibawanya, dan kalian buat amalan dan ibadah sendiri
bagi diri-diri kalian sebagaimana dalam firman Allah Subhanahu wa Ta’ala:
... وَرَهْبَانِيَّةً ابْتَدَعُوهَا مَا كَتَبْنَاهَا
عَلَيْهِمْ ... (الحديد : 27 )
‘Dan mereka mengada-adakan rahbaniyyah padahal Kami
tidak mewajibkan kepada mereka tetapi (mereka sendirilah yang mengada-adakannya).’”
(QS. Al-Hadiid: 27) (Futuhul Ghaib, hal. 65)
Beliau
rahimahullaah berkata, “Jika engkau menghendaki
keberuntungan, maka bersahabatlah dengan guru yang ‘alim tentang hukum Allah Subhanahu wa Ta’ala dan mengilmui-Nya, ia akan mengajarimu, mendidikmu,
dan mengenalkanmu ke jalan menuju Allah.” ( Fat-hur Rabbany, hal.
127)
Di Antara
Keadaan-Keadaan Beliau
Seorang
ahli di zamannya berkata, “Aku tidak
pernah melihat dengan kedua mataku orang yang lebih bagus akhlaqnya, lebih
lapang dadanya, lebih mulia jiwanya, lebih lembut hatinya, dan lebih menepati
janjinya dari Syaikh ‘Abdul Qadir al-Jailani. Beliau dengan kebesarannya,
ketinggian kedudukannya dan keluasan ilmunya bergaul dengan orang-orang yang
lebih muda, menghormati yang lebih tua, selalu memulai salam lebih dulu,
bergaul dengan orang-orang lemah dan fuqara’.” (Bahjatul Asrar oleh
Syathnofy, hal. 103)
Muhammad
bin Yusuf al-Isybili berkata, “Syaikh ‘Abdul Qadir adalah seorang yang
dikabulkan do’anya, sering meneteskan air mata, selalu berdzikir, banyak tafakur, berhati lembut, selalu ramah, berjiwa mulia, dermawan, berilmu luas,
dan berakhlaq mulia dengan keteguhan dalam ibadah dan ijtihad.” (Qalaidul Jawahir, hal. 9, oleh Tawufy)
Karomah-Karomah
yang Dinisbatkan Pada Beliau
Banyak
sekali karomah-karomah yang dinisbahkan kepada Syaikh ‘Abdul Qadir al-Jailani,
tetapi banyak yang tidak benar nisbatnya kepada beliau dan bahkan banyak yang
mungkar dan menyelisihi syari’at dan logika.
Di
antara yang paling banyak mengumpulkan karomah-karomahnya adalah ‘Ali bin Yusuf
as-Syathfony dalam kitabnya Bahjatul
Asror, Muhammad bin Yahya at-Tadufy dalam kitabnya Qalaidil Jawahir,
dan ‘Abdul Wahhab asy-Sya’rany dalam kitabnya Thabaqah al-Kubra.
Para ulama banyak yang mengingkari apa
yang terdapat di dalam ketiga kitab di atas dari karomah-karomah yang
dinisbahkan kepada Syaikh ‘Abdul Qadir al-jailani, seperti Al-Kamal Ja’far
al-Udfuni dan Ibnu Rajab dalam Dzail Thabaqat al-Hanabilah (I/1293).
Wafat Beliau
Syaikh ‘Abdul Qadir al-Jailani rahimahullaah
wafat di Baghdad pada malam Sabtu 8 Rab’iul Akhir 561 H. Semoga Allah
meridhai dan menempatkan beliau dalam keluasan Jannah-Nya.
Rujukan
Syaikh ‘Abdul Qadir
Al-Jailani wa Aaraauhu I’tiqadiyyah wa Shufiyyah, oleh Dr. Sa’id bin Musfir
al-Qahthany (Disertasi Doktor di Universitas Ummul Qura’, Makkah
al-Mukarromah).
Selesai
diketik ulang:
Sukoharjo
Jum’at, 9
Shafar 1433 H
Abu Hanifah
Farmana Ibriyaan as-Sukawharjiy
1 comment:
ana izin salin artikelnya
Post a Comment
Silahkan menyampaikan nasehat, petuah, saran. Syukron