Saturday, February 4, 2012

Syaikh Abdul Qadir al-Jailany .:. Pembela Syari’at dan Penghidup Agama



SYAIKH ABDUL QADIR AL-JAILANY
Pembela Syari’at dan Penghidup Agama

Oleh Abu ‘Aisyah Arif Fathul Ulum hafizhahullaah ::
dalam buku Barisan Ulama Pembela Sunnah Nabawiyah

Nama dan Nasab
Beliau rahimahullaah adalah al-Imam Syaikhul Islam Abu Muhammad ‘Abdul Qadir bin Shalih Musa Jinky Dust bin Abi ‘Abdilllah bin Yahya az-Zahid bin Muhammad bin Dawud bin Musa bin ‘Abdillah bin Musa al-Jaun bin ‘Abdillah bin Hasan al-Mutsanna bin Hasan bin ‘Ali bin Abi Thalib al-Jailani.

Kelahiran Beliau
Beliau rahimahullaah dilahirkan pada tahun 471 H di Jailan, sebuah negeri di belakang Thabaristan.

Sifat-Sifat Beliau
Beliau rahimahullaah adalah seorang yang dikenal dengan sifat-sifatnya yang agung,
dermawan, tawadhu’, berwibawa , terkenal dengan kezuhudannya, selalu berbicara kepada manusia dengan lisan nasehat, dan dikenal selalu mengamalkan apa yang beliau dakwahkan kepada manusia.

Guru-Guru Beliau
Ketika berusia 18 tahun (tahun 488 H) Syaikh ‘Abdul Qadir melakukan rihlah untuk menuntut ilmu dari tempat kelahirannya Jailan ke Baghdad dan mengambil ilmu dari para ulama di sana sehingga beliau menjadi seorang yang ‘alim di berbagai macam bidang ilmu.

Guru-guru beliau dalam bidang ilmu Hadits adalah Abu Muhammad Ja’far bin Ahmad al-Baghdadi as-Siraj, Abul Qasim ‘Ali bin Ahmad bin Muhammad bin Bayyan al-Baghdadi dan Abu ‘Abdillah Yahya bin Hasan bin Ahmad al-Baghdadi al-Hanbali.

Sedangkan guru-guru beliau dalam bidang Fiqih dan ushulnya adalah Abul Khaththab Mahfuzh bin Ahmad bin Hasan bin Ahmad al-Kaludzani al-Baghdadi al-Hanbaly, Abu Sa’id Mubarak bin ‘Ali al-Makhramy al-Hanbaly, dan Abul Wafa’ ‘Ali bin Aqil bin ‘Abdillah al-Baghdadi al-Hanbaly al-Mutakallim.

Dan guru beliau dalam bidang Tashawwuf adalah Hammad bin Muslim ad-Dabbas az-Zahid.

Murid-Murid Beliau
Di antara murid-murid beliau adalah al-Qadhi Abul Mahasin ‘Umar bin ‘Ali bin Khadhr al-Qurasyi al-Hafizh, Abu Muhammad ‘Abdul Ghan bin ‘Abdil Wahid al-Maqdisi al-Hafizh, Muwaffaquddin Abu Muhammad ‘Abdullah bin Ahmad bin Muhammad bin Qudamah al-Maqdisy –penulis kitab al-Mughni-, kedua anaknya –‘Abdurrazaq bin ‘Abdil Qadir al-Jailani al-Muhaddits az-Zahid dan ‘Abdul Wahhab bin ‘Abdul Qadir al-Jailani al-Faqih al-Wa’izh- dan yang lainnya.

Pujian Para  Ulama kepada Beliau
Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah rahimahullaah berkata, “Syaikh ‘Abdul Qadir al-Jailany tergolong Masyayikh yang paling gigih di zamannya dalam memerintahkan untuk berpegang teguh dengan syari’at, perintah dan larangan dan mendahulukan atas perasaan dan qadar, dan beliau tergolong Masyayikh yang paling gigih dalam memerintahkan untuk meninggalkan hawa nafsu dan iradah pribadi.” (Majmu’ Fatawaa, X/463)

Ibnu Qudamah rahimahullaah berkata, “Kami mendatangi Baghdad tahun 561 H ternyata Syaikh ‘Abdul Qadir al-Jailani termasuk yang jadi penghulu di sana dalam ilmu, amalan, keadaan dan fatwanya. Beliau mencukupi para penuntut ilmu dari mencari kepada selainnya karena banyak ilmunya, kesabarannya menghadapi murid-muridnya dan kelapangan dadanya dan Allah kumpulkan padanya sifat-sifat yang agung dan keadaan-keadaan yang mulia, dan tidaklah aku melihat, orang yang seperti beliau sepeninggalnya.” (Dzail Thabaqah al-Hanabilah, oleh Ibnu Rajab I/294)

Adz-Dzahaby rahimahullaah berkata, “Syaikh al-Imam al-‘Alim az-Zahid al-‘Arid al-Qudwah Syaikhul Islam dan A’lamul Auliya, Muhyiddin ‘Abdul Qadir al-Jailani.” (Siyar A’lamun Nubala’, XX/439)

Ibnu Rajab rahimahulllaah berkata, “Syaikhul ‘Ashr, Qudwatul ‘Arifin, Sulthanul Masyayikh, Sayyid Ahli Thariqah di zamannya, penghidup agama, pemilik Maqaamat, Karaamat, ilmu-ilmu ma’rifat, dan keadaan-keadaan yang masyhur.” (Dzail Thabaqah al-Hanabilah, I/290)

Ibnul Jauzi rahimahullaah berkata, “Beliau berbicara kepada manusia dengan lisan nasehat, terkenal dengan kezuhudannya, memiliki sifat-sifat yang agung dan berwibawa. Beliau biasa mengadakan majelis di tembok Baghdad, bersandar ke Ribath dan banyak manusia yang bertaubat di majelisnya.” (Dzail Thabaqah al-Hanabilah, I/291)

Di antara Perkataan-Perkataan Beliau
Syaikh ‘Abdul Qadir al-Jailany rahimahullaah berkata, “Wajib atas kalian ittiba’ dan tidak membuat bid’ah, wajib atas kalian berpegang teguh kepada madzab Salafush Shalihm, berjalanlah di jalan yang lurus.” (Fat-hur Rabbany, hal . 35)

Beliau rahimahullaah berkata, “Wajib memutlakkan sifat istiwa’ dengan Dzat-Nya di atas ‘Arsy, tidak bermakna duduk dan menyentuh sebagaimana yang dikatakan oleh Mujassimah dan Karramiyah, juga tidak bermakna tinggi dan keagungan sebagaimana yang dikatakan oleh Asy’ariyyah, dan tidak bermakna mengusai sebagimana dikatakan oleh Mu’tazilah.” (Al-Ghunyah, hal. 1156)

Beliau berkata, “Tidak ada keberuntungan sampai engkau mengikuti Al-Kitab dan as-Sunnah.” (Fat-hur Rabbani, hal. 128)

Beliau rahimahullaah berkata, “Ittiba’lah kalian, janganlah membuat bid’ah, tepatkanlah amalan kalian, ta’atlah dan jangan berbuat maksiat, ikhlash-lah dan jangan berbuat kesyirikan.” (Fat-hur Rabbany, hal. 151)

Beliau rahimahullaah berkata, “Asas kebaikan adalah ittiba’ kepada Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam dalam perkataan dan perbuatannya.” (Fat-hur Rabbany, hal. 207)

Beliau rahimahullaah berkata, “Wajib atas seorang mukmin untuk ittiba’ kepada as-Sunnah dan al-Jama’ah. As-Sunnah adalah apa yang disunnahkan oleh Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam, dan Jama’ah adalah apa yang disepakati oleh para Sahabat Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam,  dan hendaknya seorang mukmin tidak memperbanyak jumlah ahli bid’ah dan tidak mendekati mereka dan tidak mengucap salam kepada mereka.” (Al-Ghunyah, 180)

Beliau rahimahullaah berkata, “Ketahuilah bahwa ahli bid’ah punya tanda-tanda yang mereka bisa dikenal dengannya, maka tanda-tanda ahli bid’ah adalah mencela ahli Atsar, tanda Zanadiqah adalah mereka menamakan ahli Atsar dengan Hasyawiyyah, tanda Qadariyyah adalah mereka menamakan ahli Atsar dengan Mujabbirah, tanda Jahmiyyah adalah mereka menamakan Ahlus Sunnah dengan Musyabbihah, dan tanda Rafidhah adalah mereka menamakan ahli Atsar dengan Nashibah. Semua itu ashabiyyah (fanatisme) dan kebencian mereka kepada Ahlus Sunnah, dan Ahlus Sunnah tidak punya nama kecuali nama yang satu yaitu As-habul Hadits. Tidak melekat kepada mereka julukan-julukan ahli bid’ah, sebagaimana tidak melekat kepada Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam, julukan-julukan orang-orang kafir Makkah kepadanya, seperti tukang sihir, orang gila, orang terfitnah, dan dukun. Tidaklah namanya di sisi Allah, para Malaikatnya, manusia dan jin dan semua makhluk-Nya kecuali Rasul dan Nabi.” (Al-Ghunyah, hal. 1180)

Beliau rahimahullaah berkata, “Seorang Shufi adalah seorang yang bersih batin dan zhahirnya dengan mengikuti Kitaabullaah dan Sunnah Rasul-Nya.” (Fat-hur Rabbany, hal. 207)

Beliau rahimahullaah berkata, “Pandanglah dirimu dengan pandangan rahmah dan kasih sayang, jadikanlah al-Kitab dan as-Sunnah di hadapanmu, lihatlah keduanya dan beramallah dengan keduanya, janganlah terpedaya dengan omongan-omongan dan bualan –bualan.
Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:
... وَمَا ءَاتَاكُمْ الرَسُولُ فَخُذُوهُ وَمَا نَهَاكُمْ عَنْهُ فَانتَهُوا .... (الحشر : 7 )
Dan apa yang dibawa oleh Rasul ambillah, dan apa yang dilarang oleh Rasul tinggalkanlah.’ (QS. Al-Hasyr: 7)

Janganlah kalian menyelisihi Rasul shallallaahu ‘alaihi wa sallam sehingga tidak beramal dengan apa yang dibawanya, dan kalian buat amalan dan ibadah sendiri bagi diri-diri kalian sebagaimana dalam firman Allah Subhanahu wa Ta’ala:
... وَرَهْبَانِيَّةً ابْتَدَعُوهَا مَا كَتَبْنَاهَا عَلَيْهِمْ ... (الحديد : 27 )
‘Dan mereka mengada-adakan rahbaniyyah padahal Kami tidak mewajibkan kepada mereka tetapi (mereka sendirilah yang mengada-adakannya).’” (QS. Al-Hadiid: 27) (Futuhul Ghaib, hal. 65)

Beliau rahimahullaah berkata, “Jika engkau menghendaki keberuntungan, maka bersahabatlah dengan guru yang ‘alim tentang hukum Allah Subhanahu wa Ta’ala dan mengilmui-Nya, ia akan mengajarimu, mendidikmu, dan mengenalkanmu ke jalan menuju Allah.” ( Fat-hur Rabbany, hal. 127)

Di Antara Keadaan-Keadaan Beliau
Seorang ahli di zamannya berkata, “Aku  tidak pernah melihat dengan kedua mataku orang yang lebih bagus akhlaqnya, lebih lapang dadanya, lebih mulia jiwanya, lebih lembut hatinya, dan lebih menepati janjinya dari Syaikh ‘Abdul Qadir al-Jailani. Beliau dengan kebesarannya, ketinggian kedudukannya dan keluasan ilmunya bergaul dengan orang-orang yang lebih muda, menghormati yang lebih tua, selalu memulai salam lebih dulu, bergaul dengan orang-orang lemah dan fuqara’.” (Bahjatul Asrar oleh Syathnofy, hal. 103)

Muhammad bin Yusuf al-Isybili berkata, “Syaikh ‘Abdul Qadir adalah seorang yang dikabulkan do’anya, sering meneteskan air mata, selalu berdzikir, banyak tafakur, berhati lembut, selalu ramah, berjiwa mulia, dermawan, berilmu luas, dan berakhlaq mulia dengan keteguhan dalam ibadah dan ijtihad.” (Qalaidul Jawahir, hal. 9, oleh Tawufy)

Karomah-Karomah yang Dinisbatkan Pada Beliau
Banyak sekali karomah-karomah yang dinisbahkan kepada Syaikh ‘Abdul Qadir al-Jailani, tetapi banyak yang tidak benar nisbatnya kepada beliau dan bahkan banyak yang mungkar dan menyelisihi syari’at dan logika.

Di antara yang paling banyak mengumpulkan karomah-karomahnya adalah ‘Ali bin Yusuf as-Syathfony dalam kitabnya Bahjatul Asror, Muhammad bin Yahya at-Tadufy dalam kitabnya Qalaidil Jawahir, dan ‘Abdul Wahhab asy-Sya’rany dalam kitabnya Thabaqah al-Kubra.

Para ulama banyak yang mengingkari apa yang terdapat di dalam ketiga kitab di atas dari karomah-karomah yang dinisbahkan kepada Syaikh ‘Abdul Qadir al-jailani, seperti Al-Kamal Ja’far al-Udfuni dan Ibnu Rajab dalam Dzail Thabaqat al-Hanabilah (I/1293).

Wafat Beliau
Syaikh ‘Abdul Qadir al-Jailani rahimahullaah wafat di Baghdad pada malam Sabtu 8 Rab’iul Akhir 561 H. Semoga Allah meridhai dan menempatkan beliau dalam keluasan Jannah-Nya.

Rujukan
Syaikh ‘Abdul Qadir Al-Jailani wa Aaraauhu I’tiqadiyyah wa Shufiyyah, oleh Dr. Sa’id bin Musfir al-Qahthany (Disertasi Doktor di Universitas Ummul Qura’, Makkah al-Mukarromah).

Selesai diketik ulang:
Sukoharjo
Jum’at, 9 Shafar 1433 H
Abu Hanifah Farmana Ibriyaan as-Sukawharjiy

1 comment:

shadowabu said...

ana izin salin artikelnya

Post a Comment

Silahkan menyampaikan nasehat, petuah, saran. Syukron

 
;