Saturday, February 4, 2012

Syaikh Muqbil bin Hadi al-Wadi'i .:. Mutiara Sunnah dari Negeri Yaman



SYAIKH MUQBIL BIN HADI AL-WADI’I
Mutiara Sunnah dari Negeri Yaman

Oleh Abu ‘Aisyah Arif Fathul Ulum ::: fii kitaabihii “Barisan Ulama Pembela Sunnah Nabawiyah” Ed 1

Nama dan Nasab Beliau
Beliau adalah Syaikh al-‘Allamah al-Muhaddits Abu ‘Abdirrahman Muqbil bin Hadi bin Qayidah al-Hamdany al-Wadi’i al-Khilaly rahimahullaah.

Kelahiran Beliau
Beliau rahimahullaah dilahirkan pada tahun 1352 H di Damaj Yaman, sebuah lingkungan Zaidiyah (salah satu sekte Syi’ah) yang bercirikan tashawwuf, mu’tazilah, dan berbagai bid’ah lainnya.

Pertumbuhan Ilmiah Beliau
Beliau rahimahullaah memulai pelajarannya di Maktab di sebuah desa yang bernama al-Wathan Damaj Yaman beberapa wakti kemudian berhenti karena tidak ada yang membantunya belajar. Kemudian beliau safar ke Riyadh Saudi ‘Arabia dan tinggal di sana sekitar sebulan setengah. Ketika cuaca Riyadh berubah, maka beliau berangkat ke Makkah. Beliau meminta petunjuk kepada sebagian penceramah tentang kitab-kitab yang bermanfaat yang akan beliau beli, maka dinasehatilah agar membeli kitab Shahih al-Bukhari, Bulughul Maram, Riyaadhush Shaalihiin, dan Fat-hul Majid.


Beliau bekerja sebagai penjaga sebuah gedung di Hajun sambil menela’ah kitab-kitab tersebut.

Beliau sangat tertarik dengan kandungan kitab-kitab tersebut karena apa yang dilakukan manusia di negerinya sangat berbeda dengan yang ada dalam kitab-kitab tersebut.

Setelah beberapa lama beliau pulang ke negerinya, Yaman, dan mulai mengingkari kemungkaran-kemungkaran yang dilakukan kaumnya, seperti menyembelih untuk selain Allah, meminta kepada orang-orang yang sudah mati, membangun kuburan, dan bentuk-bentuk kesyirikan lainnya.

Reaksi yang muncul dari kaumnya begitu keras, lebih-lebih dari orang-orang Syi’ah yang memandang Syaikh Muqbil sudah mengganti agamanya sehingga pantas untuk dibunuh. Mereka memaksa Syaikh Muqbil untuk belajar di Masjid Jamu’ al-Hadi untuk menghilangkan syubhat-syubhatnya.

Kemudian beliau berangkat ke Najran dan tinggal di sana selama dua tahun belajar kepada Majduddin al-Muayyid. Setelah itu berangkatlah beliau ke Makkah, bekerja di waktu siang dan belajar di waktu malam.

Ketika dibuka Ma’had al-Haram al-Makky, beliau mendaftarkan diri dan diterima sehingga beliau menyelesaikan pendidikan Mutawassithah dan Tsanawiyah. Kemudian beliau menuju ke Madinah dan masuk ke Universitas Islam Madinah di Fakultas Da’wah dan Ushuluddin.

Ketika dibuka Fakultas Pasca Sarjana di Universitas Islam Madinah beliau mendaftarkan diri dan diterima. Risalah Magister beliau adalah tahqiq kitab Ilzamat dan Tatabbu’ karya Imam ad-Daruquthni.

Dakwah Beliau di Yaman
Ketika terjadi fitnah kelompok Juhaiman di Masjidil Haram, beliau rahimahullaah dituduh termasuk kelompok mereka sehingga beliau dipenjara dan dipulangkan ke Yaman. Sesampainya beliau di Yaman beliau memulai dakwahnya dengan mengajarkan al-Qur-an kepada anak-anak di kampungnya. Beliau dengan gigih mendakwahkan dakwah Salafiyah, dakwah Tauhid –dakwah yang haq-, meski begitu banyak rintangan yang menghadangnya dari kelompok Syi’ah, Shufiyah, dan sekuler.

Beliau rahimahullaah mulai dakwahnya dari kampungnya yang kecil yang dikelilingi gunung-gunung, tetapi cahaya dakwah beliau memancar hingga ke pelosok-pelosok yang jauh di Yaman.

Dengan pertolongan Allah kemudian dengan kegigihan beliau, mulailah manusia meninggalkan kesyirikan-kesyirikan dan kemungkaran-kemungkaran yang sebelumnya merupakan kebiasaan mereka sehari-hari.

Ketika dakwah beliau mulai terdengar ke seluruh penjuru, berbondong-bondonglah manusia menuju tempat beliau untuk mengambil ilmu. Datanglah para penuntut ilmu dari daerah-daerah sekitarnya, bahkan dari luar negeri Yaman seperti Mesir, Kuwait, Haramain, Najd, Libia, Aljazair, Maghrib (Maroko), Turki, Inggris, Indonesia, Amerika, Somalia, Belgia, dan negeri-negeri lainnya.

Keberanian Beliau Dalam Mengingkari Kemungkaran
Beliau rahimahullaah dikenal pemberani dalam mengucapkan kebenaran dan mengingkari kemungkaran. Tidak takut kepada siapa pun dalam membela kebenaran. Siapa saja yang membaca tulisan-tulisan dan mendengarkan kaset-kaset beliau akan mengetahui hal itu. Beliau berbicara tentang bid’ah-bid’ah, kesyirikan-kesyirikan, kezhaliman-kezhaliman, dan kerusakan-kerusakan. Beliau memiliki banyak bantahan-bantahan kepada para pemilik kebatilan di dalam tulisan-tulisan dan kaset-kaset beliau.

Perhatian Beliau Kepada Para Penuntut Ilmu
Beliau rahimahullaah begitu besar perhatiannya kepada para penuntut ilmu. Beliau sangat bersedih jika ada dari para murid-muridnya membutuhkan sesuatu kemudian tidak bisa mendapatkannya. Beliau pernah berkata di dalam majelisnya, “Beban terberat yang aku hadapi, yang aku rasakan lebih berat daripada menghadapi ahli bid’ah dan menulis adalah kebutuhan murid-murid kami.”

Keluhuran Jiwa Beliau
Beliau rahimahullaah, begitu luhur jiwanya, menjauhkan diri dari hal-hal yang tidak pantas, menjaga diri dari meminta-minta kepada orang lain, sampai-sampai beliau merasa berat memintakan kepada para muhsinin (dermawan) untuk kepentingan para muridnya.

Ketika Syaikh ‘Abdul ‘Aziz bin Baz mengetahui hal itu, maka beliau mengirim surat kepada Syaikh Muqbil yang isinya, “Tulislah permohonan, wahai Abu ‘Abdirrahman, engkau akan mendapat pahala darinya!”

Beliau latih para muridnya pada sifat yang agung ini. Beliau mencela dan memperingatkan dari meminta-minta kepada manusia atas nama dakwah, dan ini bukan berarti bahwa beliau rahimahullaah menyeru para penuntut ilmu agar meninggalkan taklimnya untuk berdagang. Maksud beliau, makan dari hasil usaha sendiri lebih baik daripada meminta-minta. Beliau juga berkata, “Aku nasehatkan kepada Ahlus Sunnah agar bersabar atas kefakiran, karena itulah keadaan yang Allah pilihkan kepada Nabi-Nya shallallaahu ‘alaihi wa sallam.”

Kesabaran Beliau
Beliau rahimahullaah memiliki kesabaran yang sulit dicari bandingannya. Beliau begitu sabar atas berbagai penyakit yang menimpanya, bersabar atas penyakit busung air yang bertahun-tahun dideritenya. Demikian pula penyakit liver yang menimpanya. Merupakan hal yang menakjubkan bahwa beliau dalam keadaan sakit tidak pernah meninggalkan taklimnya. Bahkan suatu saat beliau pernah menyampaikan pelajarannya dalam keadaan tangannya diikat dengan perban ke lehernya.

Kezuhudan, Kesederhanaan, Kedermawanan, dan Wara’nya Beliau
Beliau rahimahullaah dikenal dengan kezuhudannya dan beliau membiasakan para muridnya atas sifat yang mulia ini. Beliau menyampaikan kepada mereka bahwa dengan sifat inilah mereka akan  mendapatkan ilmu. Beliau sangat sederhana dalam tempat tinggal, pakaian, dan makanannya.

Hal yang menunjukkan kezuhudannya beliau pada dunia di antaranya beliau wakafkan tanah beliau yang luas untuk tempat tinggal para muridnya yang sekarang ditempati sekitar 250 rumah.

Beliau rahimahullaah memiliki sifat tawadhu’ yang sulit dicari bandingannya. Jika beliau sedang berjalan kemudian dipanggil seorang anak kecil, maka beliau langsung berhenti, menyapanya dan menanyakannya apa yang dikehendakinya. Ketika beliau di majelis taklimnya datanglah seorang anak kecil, beliau menghentikan pelajarannya dan anak kecil itu berkata kepada beliau, “Aku ingin membaca sebuah hadits di mikrofon.” Maka beliau dudukkan anak kecil tersebut di depannya untuk membaca hadits yang dikehendakinya.

Beliau dikenal dengan sifat wara’, tidak pernah tersisa dana dakwah di sisinya karena selalu beliau serahkan kepada penanggungjawabnya.

Kegigihan Beliau Dalam Berdakwah
Beliau rahimahullaah begitu gigih dalam berdakwah meskipun begitu padat kesibukannya dalam mengajar dan menulis. Beliau arahkan para muridnya dengan mengatakan, “Janganlah kalian menuntut ilmu dan meninggalkan dakwah, wajib atas kalian mendakwahkan ilmu yang kalian pelajari!”

Beliau melakukan perjalanan dakwah di kota-kota dan desa-desa Yaman, mendaki gunung-gunung dan menuruni lembah-lembah. Beliau mengalami banyak rintangan dari para musuh-musuhnya seperti jama’ah Ikhwanul Muslimin, Jam’iyah Hikmah dan Ihsan, kelompok sekuler, Sufiyah, dan selain mereka, tetapi beliau tidak pernah surut dalam dakwahnya kepada al-Kitab dan as-Sunnah.

Ceramah-ceramah dakwah beliau dihadiri jama’ah dalam jumlah yang sangat besar hingga di sebagian tempat ceramah diadakan di tanah lapang karena masjid yang ada tidak lagi mampu menampung jumlah hadirin.

Beliau rahimahullaah memperingatkan manusia dari kesyirikan, kebid’ahan, demokrasi, dan parlemen. Beliau ingatkan kaum muslimin agar tidak memberikan loyalitas kepada musuh-musuh Islam, dan meninggalkan fitnah hizbiyah yang menceraiberaikan umat.

Kegigihan Beliau Dalam Mempelajari dan Menyampaikan Ilmu
Beliau rahimahullaah begitu gigih di dalam mengajarkan ilmu. Satu jam sebelum Zhuhur beliau mengajarkan kitab Shahih Musnad mimma Laisa fi Shahiihain, setelah itu kitab Jami’ Shahiih Musnad mimma Laisa fi Shahiihain. Sesudah shalat Zhuhur beliau mengajarkan Tafsiir Ibni Katsir dua hari sekali bergantian dengan kitab Shahih Musnad min Asbaabin Nuzul. Ketika kitab yang akhir ini selesai, beliau mengganti dengan kitab Jami’ Shahih.

Jadilah beliau sehari mengajar Tafsir dan sehari mengajar Jami’ Shahih. Sebelum Zhuhur beliau menela’ah pelajaran di rumahnya selama seperempat jam.

Sesudah ‘Ashar beliau mengajarkan kitab Shahih al-Bukhari lalu setelah Maghrib mengajarkan Shahih  Muslim dan kitab beliau, Ahaadiits Mu’allah Zhahiruha Shihhah. Selesai dari kitab yang akhir ini beliau menggantinya dengan kitabnya Gharatul Fishal ‘alal Mu’tadin ‘ala Kutubil Ilal. Selesai dari kitab yang terakhir ini beliau mengajarkan kitab beliau, Dzammul Ma’alah hingga selesai, kemudian beliau mengajarkan kitab Shahih Musnad min Dalaa-il Nubuwwah.

Jadilah beliau mengajar Shahih Muslim dan sehari mengajarkan Shahih Musnad Dalaa-il Nubuwah. Bersama kedua kitab ini beliau ajarkan juga kitab Mustadrak dan kitabnya Shahih Musnad fil Qadar.

Demikianlah urut-urutan taklim beliau hingga beliau wafat.

Jika beliau berbicara tentang rijal hadits, maka beliau adalah pakarnya, jika beliau sedang diskusi dengan murid-muridnya dalam masalah nahwu seakan-akan tidak ada selain beliau yang mengetahui disiplin ilmu ini, jika beliau berbicara tentang ilal hadits, maka terhenyaklah orang-orang yang ada di hadapannya. Demikian juga beliau memiliki kecepatan luar biasa dalam menghadirkan dalil-dalil dari al-Kitab dan as-Sunnah.

Guru-Guru Beliau
Beliau rahimahullaah mempelajari ilmu-ilmu syar’i dari para ulama besar di zamanny seperti Syaikh ‘Abdul ‘Aziz bin ‘Abdillah bin Baaz, Syaikh Muhammad Nashiruddin al-Albany, Syaikh ‘Abdullah bin Humaid, Syaikh Muhammad as-Sabil, Syaikh ‘Abdul ‘Aziz ar-Rasyid, Syaikh Yahya al-Bakistany, Syaikh Muhammad bin ‘Abdillah ash-Shamaly, Syaikh Muhammad Hakim al-Mishry, dan Syaikh Muhammad bin ‘Abdul Wahhab al-Mishry.

Murid-Murid Beliau
Di antara murid-murid beliau adalah Syaikh Muhammad bin ‘Abdul Wahhab al-Washshaby al-Abdaly, Syaikh Yahya bin Ali al-Hajury, Syaikh Muhammad bin ‘Abdillah ar-Rimy al-Imam, Syaikh ‘Abdul ‘Aziz al-Bar’i, Ummu ‘Abdillah al-Wadi’iyah –putrinya-, Ummu Syu’aib al-Wadi’iyah –istri keduanya-, Ummu Salamah –istri ketiganya-, dan masih banyak lagi selain mereka.

Tulisan-Tulisan Beliau
Di antara tulisan-tulisan beliau adalah Shahiih Musnad mimma Laisa fi Shahihain, Tarajim Rijal al-Hakim fil Mustadrak, Tatabbu’ Auhan al-Hakim allati Sakata ‘alaiha adz-Dzahaby, Tarajim Rijal Sunan ad-Daruquthni, Shahiih Musnad min Dalaa-il Nubuwwah, Gharatul Fishal ‘alal Mu’tadin ‘ala Kutubil Ilal. Jami’ Shahiih fil Qadar, Sha’qatul Zilzal Linasfi Abathil Rafdhi wal I’tizal, Ijtabatus Sail ‘an Ahammil Masaa-il, asy-Syafa’ah, Riyadhul Jannah fi Raddi ‘ala A’dai Sunnah, Tuhfatul Arib ‘ala As-ilatil Hadhir wal Gharib, al-Makhraj minal Fitnah, Shahiih Musnad min Asbabil Nuzul, Rudud Ahlil Ilmi ‘ala Tha-inin fi Hadiitsi Sihr, Mushara’ah, Ilhad Khameini fi Ardhil Haramain, al-Ba’its ‘ala Syarhil Hawaadits, Irsyad Dzawil Fat-han Liib’adi Ghulati Rawafidh ‘anil Yaman, Jami’ Shahiih Musnad mimma Laisa fi Shahihain, Gharatul Asyrithah ‘ala Ahlil Jahli wa Safsathah, Fawakih Janiyah fi Khuthab wal Muhadharat Saniyah, Qam’ul Mu’anid wa Zajrul Haqidil Hasid, Majmu’atu Rasaa-il Ilmiyah, Tuhfatusy Syab Rabbany, Fatwa fi Wihdatil Muslimin ma’al Kuffar, Iqamatil Burhan ‘ala Dhalali ‘Abdurrahim ath-Thahhan, Dibaj fi Maratsi Syaikhil Islam ‘Abdul ‘Aziz bin Baaz, Hukmu Tashwir Dzawatil Arwah, Muqtarah fi Ajwibati As-ilatil Musthalah, Fadhaih wa Nashaih, Maqtal Syaikh Jamilurrahman, Iskatul Kalbil Awi, Tahqiq Tafsir Ibnu Katsir, Shahih Musnad minat Tafsir bil Ma’tsur, dan Kitab Ilzamat wa Tatabbu’ lil Imam ad-Daruquthni Dirasah wa Tahqiq.

Wafat Beliau
Syaikh Muqbil bin Hadi al-Wadi’i rahimahullaah wafat di Jeddah pada malam Ahad 1 Jumadil Ula tahun 1422 H dalam usia sekitar 70 tahun dan dimakamkan di Makkah di samping makam Syaikh ‘Abdul ‘Aziz bin Baaz dan Syaikh Muhammad bin Shalih al-‘Utsaimin. Semoga Allah meridhai dan menempatkan beliau dalam keluasan Jannah-Nya.

Rujukan
Nubdzah Yasirah min Hayati Ahadi A’lamil Jazirah, oleh Abu Hammam Muhammad bin ‘Ali bin Ahmad ash-Shauma’i al-Baidhani.

Selesai diketik ulang,
9 Shafar 1433 H
Abu Hanifah as-Sukawharjiy

No comments:

Post a Comment

Silahkan menyampaikan nasehat, petuah, saran. Syukron

 
;