SYAIKH MUQBIL BIN HADI AL-WADI’I
Mutiara Sunnah dari Negeri Yaman
Oleh Abu ‘Aisyah Arif Fathul Ulum ::: fii
kitaabihii “Barisan Ulama Pembela Sunnah Nabawiyah” Ed 1
Nama dan Nasab Beliau
Beliau adalah Syaikh al-‘Allamah
al-Muhaddits Abu ‘Abdirrahman Muqbil bin Hadi bin Qayidah al-Hamdany al-Wadi’i
al-Khilaly rahimahullaah.
Kelahiran Beliau
Beliau rahimahullaah dilahirkan
pada tahun 1352 H di Damaj Yaman, sebuah lingkungan Zaidiyah (salah satu sekte
Syi’ah) yang bercirikan tashawwuf, mu’tazilah, dan berbagai bid’ah lainnya.
Pertumbuhan Ilmiah Beliau
Beliau rahimahullaah memulai
pelajarannya di Maktab di sebuah desa yang bernama al-Wathan Damaj Yaman
beberapa wakti kemudian berhenti karena tidak ada yang membantunya belajar.
Kemudian beliau safar ke Riyadh Saudi ‘Arabia dan tinggal di sana sekitar
sebulan setengah. Ketika cuaca Riyadh berubah, maka beliau berangkat ke Makkah.
Beliau meminta petunjuk kepada sebagian penceramah tentang kitab-kitab yang
bermanfaat yang akan beliau beli, maka dinasehatilah agar membeli kitab Shahih
al-Bukhari, Bulughul Maram, Riyaadhush Shaalihiin, dan Fat-hul Majid.
Beliau bekerja sebagai penjaga sebuah
gedung di Hajun sambil menela’ah kitab-kitab tersebut.
Beliau sangat tertarik dengan kandungan
kitab-kitab tersebut karena apa yang dilakukan manusia di negerinya sangat
berbeda dengan yang ada dalam kitab-kitab tersebut.
Setelah beberapa lama beliau pulang ke
negerinya, Yaman, dan mulai mengingkari kemungkaran-kemungkaran yang dilakukan
kaumnya, seperti menyembelih untuk selain Allah, meminta kepada orang-orang
yang sudah mati, membangun kuburan, dan bentuk-bentuk kesyirikan lainnya.
Reaksi yang muncul dari kaumnya begitu
keras, lebih-lebih dari orang-orang Syi’ah yang memandang Syaikh Muqbil sudah
mengganti agamanya sehingga pantas untuk dibunuh. Mereka memaksa Syaikh Muqbil
untuk belajar di Masjid Jamu’ al-Hadi untuk menghilangkan syubhat-syubhatnya.
Kemudian beliau berangkat ke Najran dan
tinggal di sana selama dua tahun belajar kepada Majduddin al-Muayyid. Setelah
itu berangkatlah beliau ke Makkah, bekerja di waktu siang dan belajar di waktu
malam.
Ketika dibuka Ma’had al-Haram al-Makky,
beliau mendaftarkan diri dan diterima sehingga beliau menyelesaikan pendidikan
Mutawassithah dan Tsanawiyah. Kemudian beliau menuju ke Madinah dan masuk ke
Universitas Islam Madinah di Fakultas Da’wah dan Ushuluddin.
Ketika dibuka Fakultas Pasca Sarjana di
Universitas Islam Madinah beliau mendaftarkan diri dan diterima. Risalah
Magister beliau adalah tahqiq kitab Ilzamat dan Tatabbu’ karya
Imam ad-Daruquthni.
Dakwah Beliau di Yaman
Ketika terjadi fitnah kelompok Juhaiman
di Masjidil Haram, beliau rahimahullaah dituduh termasuk kelompok mereka
sehingga beliau dipenjara dan dipulangkan ke Yaman. Sesampainya beliau di Yaman
beliau memulai dakwahnya dengan mengajarkan al-Qur-an kepada anak-anak di
kampungnya. Beliau dengan gigih mendakwahkan dakwah Salafiyah, dakwah Tauhid
–dakwah yang haq-, meski begitu banyak rintangan yang menghadangnya dari
kelompok Syi’ah, Shufiyah, dan sekuler.
Beliau rahimahullaah mulai
dakwahnya dari kampungnya yang kecil yang dikelilingi gunung-gunung, tetapi
cahaya dakwah beliau memancar hingga ke pelosok-pelosok yang jauh di Yaman.
Dengan pertolongan Allah kemudian dengan
kegigihan beliau, mulailah manusia meninggalkan kesyirikan-kesyirikan dan
kemungkaran-kemungkaran yang sebelumnya merupakan kebiasaan mereka sehari-hari.
Ketika dakwah beliau mulai terdengar ke
seluruh penjuru, berbondong-bondonglah manusia menuju tempat beliau untuk
mengambil ilmu. Datanglah para penuntut ilmu dari daerah-daerah sekitarnya,
bahkan dari luar negeri Yaman seperti Mesir, Kuwait, Haramain, Najd, Libia,
Aljazair, Maghrib (Maroko), Turki, Inggris, Indonesia, Amerika, Somalia,
Belgia, dan negeri-negeri lainnya.
Keberanian Beliau Dalam Mengingkari Kemungkaran
Beliau rahimahullaah dikenal
pemberani dalam mengucapkan kebenaran dan mengingkari kemungkaran. Tidak takut
kepada siapa pun dalam membela kebenaran. Siapa saja yang membaca
tulisan-tulisan dan mendengarkan kaset-kaset beliau akan mengetahui hal itu.
Beliau berbicara tentang bid’ah-bid’ah, kesyirikan-kesyirikan,
kezhaliman-kezhaliman, dan kerusakan-kerusakan. Beliau memiliki banyak
bantahan-bantahan kepada para pemilik kebatilan di dalam tulisan-tulisan dan
kaset-kaset beliau.
Perhatian Beliau Kepada Para Penuntut Ilmu
Beliau rahimahullaah begitu besar
perhatiannya kepada para penuntut ilmu. Beliau sangat bersedih jika ada dari
para murid-muridnya membutuhkan sesuatu kemudian tidak bisa mendapatkannya.
Beliau pernah berkata di dalam majelisnya, “Beban terberat yang aku hadapi,
yang aku rasakan lebih berat daripada menghadapi ahli bid’ah dan menulis adalah
kebutuhan murid-murid kami.”
Keluhuran Jiwa Beliau
Beliau rahimahullaah, begitu luhur
jiwanya, menjauhkan diri dari hal-hal yang tidak pantas, menjaga diri dari
meminta-minta kepada orang lain, sampai-sampai beliau merasa berat memintakan
kepada para muhsinin (dermawan) untuk kepentingan para muridnya.
Ketika Syaikh ‘Abdul ‘Aziz bin Baz
mengetahui hal itu, maka beliau mengirim surat kepada Syaikh Muqbil yang
isinya, “Tulislah permohonan, wahai Abu ‘Abdirrahman, engkau akan mendapat
pahala darinya!”
Beliau latih para muridnya pada sifat
yang agung ini. Beliau mencela dan memperingatkan dari meminta-minta kepada
manusia atas nama dakwah, dan ini bukan berarti bahwa beliau rahimahullaah
menyeru para penuntut ilmu agar meninggalkan taklimnya untuk berdagang. Maksud
beliau, makan dari hasil usaha sendiri lebih baik daripada meminta-minta.
Beliau juga berkata, “Aku nasehatkan kepada Ahlus Sunnah agar bersabar atas
kefakiran, karena itulah keadaan yang Allah pilihkan kepada Nabi-Nya shallallaahu
‘alaihi wa sallam.”
Kesabaran Beliau
Beliau rahimahullaah memiliki
kesabaran yang sulit dicari bandingannya. Beliau begitu sabar atas berbagai
penyakit yang menimpanya, bersabar atas penyakit busung air yang bertahun-tahun
dideritenya. Demikian pula penyakit liver yang menimpanya. Merupakan hal yang
menakjubkan bahwa beliau dalam keadaan sakit tidak pernah meninggalkan
taklimnya. Bahkan suatu saat beliau pernah menyampaikan pelajarannya dalam
keadaan tangannya diikat dengan perban ke lehernya.
Kezuhudan, Kesederhanaan, Kedermawanan, dan Wara’nya
Beliau
Beliau rahimahullaah dikenal
dengan kezuhudannya dan beliau membiasakan para muridnya atas sifat yang mulia
ini. Beliau menyampaikan kepada mereka bahwa dengan sifat inilah mereka
akan mendapatkan ilmu. Beliau sangat
sederhana dalam tempat tinggal, pakaian, dan makanannya.
Hal yang menunjukkan kezuhudannya beliau
pada dunia di antaranya beliau wakafkan tanah beliau yang luas untuk tempat
tinggal para muridnya yang sekarang ditempati sekitar 250 rumah.
Beliau rahimahullaah memiliki
sifat tawadhu’ yang sulit dicari bandingannya. Jika beliau sedang berjalan
kemudian dipanggil seorang anak kecil, maka beliau langsung berhenti,
menyapanya dan menanyakannya apa yang dikehendakinya. Ketika beliau di majelis
taklimnya datanglah seorang anak kecil, beliau menghentikan pelajarannya dan
anak kecil itu berkata kepada beliau, “Aku ingin membaca sebuah hadits di
mikrofon.” Maka beliau dudukkan anak kecil tersebut di depannya untuk membaca
hadits yang dikehendakinya.
Beliau dikenal dengan sifat wara’, tidak
pernah tersisa dana dakwah di sisinya karena selalu beliau serahkan kepada
penanggungjawabnya.
Kegigihan Beliau Dalam Berdakwah
Beliau rahimahullaah begitu gigih
dalam berdakwah meskipun begitu padat kesibukannya dalam mengajar dan menulis.
Beliau arahkan para muridnya dengan mengatakan, “Janganlah kalian menuntut ilmu
dan meninggalkan dakwah, wajib atas kalian mendakwahkan ilmu yang kalian
pelajari!”
Beliau melakukan perjalanan dakwah di
kota-kota dan desa-desa Yaman, mendaki gunung-gunung dan menuruni
lembah-lembah. Beliau mengalami banyak rintangan dari para musuh-musuhnya
seperti jama’ah Ikhwanul Muslimin, Jam’iyah Hikmah dan Ihsan, kelompok sekuler,
Sufiyah, dan selain mereka, tetapi beliau tidak pernah surut dalam dakwahnya
kepada al-Kitab dan as-Sunnah.
Ceramah-ceramah dakwah beliau dihadiri
jama’ah dalam jumlah yang sangat besar hingga di sebagian tempat ceramah
diadakan di tanah lapang karena masjid yang ada tidak lagi mampu menampung
jumlah hadirin.
Beliau rahimahullaah memperingatkan
manusia dari kesyirikan, kebid’ahan, demokrasi, dan parlemen. Beliau ingatkan
kaum muslimin agar tidak memberikan loyalitas kepada musuh-musuh Islam, dan
meninggalkan fitnah hizbiyah yang menceraiberaikan umat.
Kegigihan Beliau Dalam Mempelajari dan Menyampaikan Ilmu
Beliau rahimahullaah begitu gigih
di dalam mengajarkan ilmu. Satu jam sebelum Zhuhur beliau mengajarkan kitab Shahih
Musnad mimma Laisa fi Shahiihain, setelah itu kitab Jami’ Shahiih Musnad
mimma Laisa fi Shahiihain. Sesudah shalat Zhuhur beliau mengajarkan Tafsiir
Ibni Katsir dua hari sekali bergantian dengan kitab Shahih Musnad min
Asbaabin Nuzul. Ketika kitab yang akhir ini selesai, beliau mengganti
dengan kitab Jami’ Shahih.
Jadilah beliau sehari mengajar Tafsir dan
sehari mengajar Jami’ Shahih. Sebelum Zhuhur beliau menela’ah pelajaran
di rumahnya selama seperempat jam.
Sesudah ‘Ashar beliau mengajarkan kitab Shahih
al-Bukhari lalu setelah Maghrib mengajarkan Shahih Muslim dan kitab beliau, Ahaadiits
Mu’allah Zhahiruha Shihhah. Selesai dari kitab yang akhir ini beliau
menggantinya dengan kitabnya Gharatul Fishal ‘alal Mu’tadin ‘ala Kutubil
Ilal. Selesai dari kitab yang terakhir ini beliau mengajarkan kitab beliau,
Dzammul Ma’alah hingga selesai, kemudian beliau mengajarkan kitab Shahih
Musnad min Dalaa-il Nubuwwah.
Jadilah beliau mengajar Shahih Muslim dan
sehari mengajarkan Shahih Musnad Dalaa-il Nubuwah. Bersama kedua kitab
ini beliau ajarkan juga kitab Mustadrak dan kitabnya Shahih Musnad
fil Qadar.
Demikianlah urut-urutan taklim beliau
hingga beliau wafat.
Jika beliau berbicara tentang rijal hadits,
maka beliau adalah pakarnya, jika beliau sedang diskusi dengan murid-muridnya
dalam masalah nahwu seakan-akan tidak ada selain beliau yang mengetahui
disiplin ilmu ini, jika beliau berbicara tentang ilal hadits, maka
terhenyaklah orang-orang yang ada di hadapannya. Demikian juga beliau memiliki
kecepatan luar biasa dalam menghadirkan dalil-dalil dari al-Kitab dan as-Sunnah.
Guru-Guru Beliau
Beliau rahimahullaah mempelajari
ilmu-ilmu syar’i dari para ulama besar di zamanny seperti Syaikh ‘Abdul ‘Aziz
bin ‘Abdillah bin Baaz, Syaikh Muhammad Nashiruddin al-Albany, Syaikh ‘Abdullah
bin Humaid, Syaikh Muhammad as-Sabil, Syaikh ‘Abdul ‘Aziz ar-Rasyid, Syaikh
Yahya al-Bakistany, Syaikh Muhammad bin ‘Abdillah ash-Shamaly, Syaikh Muhammad
Hakim al-Mishry, dan Syaikh Muhammad bin ‘Abdul Wahhab al-Mishry.
Murid-Murid Beliau
Di antara murid-murid beliau adalah
Syaikh Muhammad bin ‘Abdul Wahhab al-Washshaby al-Abdaly, Syaikh Yahya bin Ali
al-Hajury, Syaikh Muhammad bin ‘Abdillah ar-Rimy al-Imam, Syaikh ‘Abdul ‘Aziz
al-Bar’i, Ummu ‘Abdillah al-Wadi’iyah –putrinya-, Ummu Syu’aib al-Wadi’iyah
–istri keduanya-, Ummu Salamah –istri ketiganya-, dan masih banyak lagi selain
mereka.
Tulisan-Tulisan Beliau
Di antara tulisan-tulisan beliau adalah Shahiih
Musnad mimma Laisa fi Shahihain, Tarajim Rijal al-Hakim fil Mustadrak, Tatabbu’
Auhan al-Hakim allati Sakata ‘alaiha adz-Dzahaby, Tarajim Rijal Sunan
ad-Daruquthni, Shahiih Musnad min Dalaa-il Nubuwwah, Gharatul Fishal ‘alal
Mu’tadin ‘ala Kutubil Ilal. Jami’ Shahiih fil Qadar, Sha’qatul Zilzal Linasfi
Abathil Rafdhi wal I’tizal, Ijtabatus Sail ‘an Ahammil Masaa-il, asy-Syafa’ah,
Riyadhul Jannah fi Raddi ‘ala A’dai Sunnah, Tuhfatul Arib ‘ala As-ilatil Hadhir
wal Gharib, al-Makhraj minal Fitnah, Shahiih Musnad min Asbabil Nuzul, Rudud
Ahlil Ilmi ‘ala Tha-inin fi Hadiitsi Sihr, Mushara’ah, Ilhad Khameini fi Ardhil
Haramain, al-Ba’its ‘ala Syarhil Hawaadits, Irsyad Dzawil Fat-han Liib’adi
Ghulati Rawafidh ‘anil Yaman, Jami’ Shahiih Musnad mimma Laisa fi Shahihain,
Gharatul Asyrithah ‘ala Ahlil Jahli wa Safsathah, Fawakih Janiyah fi Khuthab
wal Muhadharat Saniyah, Qam’ul Mu’anid wa Zajrul Haqidil Hasid, Majmu’atu
Rasaa-il Ilmiyah, Tuhfatusy Syab Rabbany, Fatwa fi Wihdatil Muslimin ma’al
Kuffar, Iqamatil Burhan ‘ala Dhalali ‘Abdurrahim ath-Thahhan, Dibaj fi Maratsi
Syaikhil Islam ‘Abdul ‘Aziz bin Baaz, Hukmu Tashwir Dzawatil Arwah, Muqtarah fi
Ajwibati As-ilatil Musthalah, Fadhaih wa Nashaih, Maqtal Syaikh Jamilurrahman,
Iskatul Kalbil Awi, Tahqiq Tafsir Ibnu Katsir, Shahih Musnad minat Tafsir bil
Ma’tsur, dan Kitab Ilzamat wa Tatabbu’ lil Imam ad-Daruquthni Dirasah wa
Tahqiq.
Wafat Beliau
Syaikh Muqbil bin Hadi al-Wadi’i rahimahullaah
wafat di Jeddah pada malam Ahad 1 Jumadil Ula tahun 1422 H dalam usia
sekitar 70 tahun dan dimakamkan di Makkah di samping makam Syaikh ‘Abdul ‘Aziz
bin Baaz dan Syaikh Muhammad bin Shalih al-‘Utsaimin. Semoga Allah meridhai dan
menempatkan beliau dalam keluasan Jannah-Nya.
Rujukan
Nubdzah Yasirah min Hayati Ahadi
A’lamil Jazirah, oleh Abu Hammam Muhammad bin ‘Ali bin Ahmad ash-Shauma’i
al-Baidhani.
Selesai diketik ulang,
9 Shafar 1433 H
Abu Hanifah as-Sukawharjiy
No comments:
Post a Comment
Silahkan menyampaikan nasehat, petuah, saran. Syukron